Jumat, 25 Desember 2009

Propolis Gold

Apa itu Propolis?

Propolis adalah resin (Getah) dari kulit kayu, ranting, daun-daun yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dari puluhan macam tumbuh-tumbuhan. Resin (Getah) tersebut dicampur dengan air liur lebah (Glue) dan Pollen untuk membuat sarang lebah.

Propolis digunakan oleh lebah untuk melindungi sarang dan koloni lebah dari serangan berbagai macam penyakit termasuk bakteri, virus dan jamur. Telah diketahui bahwa Propolis dikumpulkan oleh lebah dari 67 jenis tanaman seperti : Poplar, Alder dan Birch. Chesnut, Pear, Pinus, Ash. Prunus, Willow, Strawberry, dll. Variasi tanaman tersebut memiliki komposisi kimia yang berbeda.

Sejarah Penggunaan Propolis

Propolis telah digunakan sejak jaman Yunani dan Mesir kuno dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Hipocrates (Bapak Kedokteran) bangsa Yunani meresepkan dan menganjurkan penggunaan.Propolis untuk menyembuhkan luka dan penyakit baik internal maupun eksternal, Aristoteles mengunakan Propolis sebagai obat untuk memar yang memburuk dan untuk ketegangan otot.

Propolis dikenal dengan sebutan "Russian Penicillin" disebut juga "Penicilin alami" dan telah dikenal sampai ke negara¬negara di luar Amerika dan merupakan antibiotik alami yang sangat kuat. Namun Propolis tidak akan menjadi racun bagi tubuh manusia meskipun diberikan dalam jumlah yang sangat besar (Ghisalberti. 1979).

Propolis Baik Untuk Kesehatan

Propolis merupakan sumber dari Bioflavanoids yang paling utama dalam (sampai saat ini sudah diketahui sebanyak 38 macam Bioflavanoids). Propolis memiliki manfaat luas untuk kesehatan dan berfungsi juga sebagai antioksidan sangat kuat yang dapal melindungi tubuh dari efek yang disebabkan oleh radikal bebas sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar